WEBSITE RESMI KSP KOPDIT SUKA DAMAI
SHARE :

Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2020 dan Lounching Website Resmi KSP. Kopdit Suka Damai

3
03/2021
Kategori : Berita
Komentar : 0 komentar
Author : AdminKSD21


Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2020 dan Lounching Website Resmi KSP. Kopdit Suka Damai

Rapat Anggota Tahunan RAT Ke XXI KSP. Kopdit Sukadamai yang diselenggarakan pada Hari sabtu, tanggal 27 Pebruari 2021 dengan Tema : Meningkatkan Wirausaha Anggota ditengah Pendemi Covid 19 melalui tata Kelola koperasi yang Inovatif dan Profesional Berbasis Digitalisasi Ekonomi, dalam  sambutan Ketua Pengurus KSP.Kopdit Suka Damai mengatakan pada Pada kesempatan yang berbahagia ini, dari hati yang tulus dan iklas, patutlah kita mengucapkan puji syukur pada Tuhan atas segala cintaNya yang  boleh kita alami, yang boleh kita terima, yang memungkinkan kita berkumpul pada tempat ini  untuk menyelenggarakan RAT  Tahun Buku 2020 sebagai pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas atas pelaksanaan kegiatan Koperasi selama Tahun Buku 2020 , apalagi ditengah situasi dan kondisi dunia saat ini dilanda wabah yang ganas dan galak Covid 19 . Tentu semua ini terjadi  berkat kemurahan Tuhan dan penyelenggaraanNya  (providentia divina). Pada kesempatan ini juga kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena situasi RAT kita kali ini sungguh sangat berbeda dari penyelenggaraan RAT  tahun-tahun sebelumnya, dimana jumlah peserta RAT dibatasi, pengaturan duduk pun dengan jarak 1 – 2 meter bahkan sebelum masuk ruang rapat harus mencuci tangan terlebih dahulu dan sepanjang rapat harus tetap menggunakan masker. Intinya kita tetap mematuhi protocol kesehatan Covid 19. Tentu semuanya ini tidak karena kemauan atau keinginan Pengurus, Pengawas ataupun Manajemen tetapi semata karena  situasi dunia saat ini sedang menghadapi cobaan besar yaitu Pandemi Covid 19. Meskipun demikian, nilai-nilai yang terkandung dalam  penyelenggaraan RAT tetap dijaga dengan baik. Jadi RAT merupakan moment yang sangat strategis bagi Pengurus dan Pengawas untuk mempertanggungjawabkan seluruh program kegiatan sekaligus mengevaluasi kinerja selama satu tahun buku. dalam sambutannya juga disampaikan beberapa aspek pertumbuhan dari KSP. Kopdit Suka Damai antara lain :

Agenda utama RAT kita kali ini adalah:

  1. Membahas dan mengesahkan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas Tahun Buku 2020
  2. Merumuskan dan mengesahkan rancangan Program Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi (RAPBK) Tahun Buku 2021
  3. Membahas dan mengesahkan Rancangan Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KSP Kopdit Suka Damai.

Sebagaimana telah kami sampaikan bahwa RAT merupakan moment strategis bagi Pengurus dan Pengawas untuk mempertanggungjawabkan seluruh program kegiatan sekaligus mengevaluasi kinerja selama satu tahun buku, oleh karena itu, perlu kami laporkan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama TB 2020 adalah sebagai berikut :

  • Aset :  Tahun Buku 2020: Rp.83.817.166.098,- dengan Pertumbuhan : 2,84%
  • Pelayanan Pinjaman TB 2020 Rp.33.285.411.000, – dengan Pertumbuhan : 73,97%
  • Piutang Beredar TB 2020 Rp.74.532.599.529,- dengan Pertumbuhan          : 92,73%
  • Kredit macet : Rp.4.188.276.886,- (6%)

Dimasa pandemi covid 19 ini, Pengurus, Pengawas dan Manajemen berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja dengan melakukan inovasi-inovasi. Ke depan ada tiga  agenda penting yang terus dilakukan KSP Kopdit Suka Damai yaitu memperkuat sumber daya manusia, melakukan ekspansi wilayah pelayanan dan penciptaan lapangan kerja baru.

Pertama, perkuat sumber daya manusia (SDM) pada pelbagai level. Kualitas  SDM adalah kunci untuk mencapai tujuan KSP Kopdit Suka Damai.

Kedua, tatkala  jumlah anggota KSP Kopdit Suka Damai terus bertumbuh, manfaat yang diterima anggota makin besar., ada kerinduan agar  lembaga keuangan ini terus bertumbuh dan berkembang. Lembaga ini tidak  hanya  melayani segelintir orang  dan komunitas, namun meluas ke berbagai tempat. Tidak hanya di Kabupaten Manggarai Barat sebagai asalnya, tetapi juga di Kabupaten lain, bahkan di Provinsi lain suatu saat.

Ketiga, penciptaan lapangan kerja baru. Target ini begitu penting dan urgent di Kabupaten Manggarai Raya khususnya dan NTT umumnya. Melalui penyediaan modal bagi usaha di KSP Kopdit  Suka Damai, maka sudah seharusnya anggota berpikir untuk membangun usaha produktif demi menciptakan lapangan kerja baru. Untuk sampai pada  tujuan ini, KSP Kopdit Suka Damai sudah seharusnya melakukan pendidikan usaha. Sejak awal sudah ada program Micro Financing di KSP Kopdit Suka Damai. Hal ini harus terus dijalankan, dikembangkan dan bahkan ditingkatkan statusnya. Kita harus bersyukur bahwa daerah kita sudah menjadi daerah pariwisata super premium artinya melahirkan banyak kunjungan wistawan yang memberi dampak ekonomi bagi kita. Hal ini menunjukan bahwa  terjadi kesenjangan yang signifikan antara tujuan berkoperasi dengan realitas implementatifnya. Mengapa terjadi demikian? Tentu hal ini terjadi diantaranya karena pola hidup anggota dan tingkat pendidikan anggota.  Pola hidup anggota yang cenderung konsumtif dari pada produktif, pinjaman ke koperasi untuk membiayai kebutuhan sehari-hari ada juga untuk membiayai urusan adat istiadat, untuk membiayai pernikahan anak dll.

lebih lanjut sambutan dalam ketua puskopdit manggarai  oleh Kanisius Theobaldus Deki, M.Th, mengatakan bahwa kinerja KSP. Kopdit Suka Damai pencapaian yang sangat baik dari segi pertumbuhan aset maupun pertumbuhan anggota. dan disampaikan bahwa dari 32 kopdit  anggota puskopdit manggarai KSP.Kopdit Suka Damai menduduki peringkat pertama sejak tahun 2014 baik dari segi pertumbuhan Aset maupun pertumbuhan anggota. dan beliau memberikan beberapa catatan yakni

yang pertama dari sisi keanggotaan kita sudah berupaya melakukan penambahan  baik pengembangan yang sudah dibuat termasuk pengembangan yang strategis adalah membuka cabang di kupang kalau ada istila perang, perangnya KSP.Kopdit Suka Damai  dari desa ke kota dari pinggirian ke pusat inilah strategi strategi yang sekarang ini presiden kita bapak Jokowi sudah memulainya pembangunan dari desa ke kota , desa kuat kota aman nah sekarang Kopdit Suka Damai bergerak dari Labuan bajo  atau manggarai barat ke ibu Kota Provinsi di Kupang padahal disana sudah ada raksasa koperasi kredit tapi keberanian semacam ini ini keberanian yang sangat luar biasa kita harus merubah mainset dulu kalau kita ke kota punya perasaan was was dan takut tapi hari ini kita buktikan bahwa kota tidaklah sesuatu yang menakutkan karna kitapun bisa menguasainya kalau kita berada disana dengan kata lain kita sudah menaklukan kota ini dan inilah  KSP.Kopdit Suka Damai

yang ke dua, bagaimana strategi kita menangani kredit macet , mengancam, memenjarakan menyita bukanlah cara koperasi kredit yang sesungguhnya tetpi yang kita upayakan sebagai penguatan kapasitas Sumber Daya Manuasi itu berarti  pendidikan tidak bisa ditawar menwar pendidikan harus kita dilakukan. Karna apa 4 pilar koperasi itu salah satunya pendidikan , kopersi besar karna pendidikan , koperasi kuat karna pendidikan, koperasi berhasil karna pendidikan. maka marila kita membangun pendidikan yang baik bukan saja pengetahuan tentang koperasi kredit tapi lebih-lebih kita berorentasi pada pendidikan dan kewirausahwan anggota.

Tingkat pendidikan anggota sangat berpengaruh terhadap kemampuan mengelola keuangan/ bisnis; pinjaman dari koperasi digunakan untuk modal usaha namun tidak berkembang dengan baik karena salah satunya  tidak memahami segmen pasar yang ada, tehnologi yang digunakan masih sangat sederhana. Jadi persoalan kualitas  Sumber Daya Manusia ini menjadi hal utama  bagi peningkatan ekonomi dan taraf hidup anggota. Untuk mengatasi ini sangatlah penting kerja sama para pihak termasuk Pemerintah. Melalui kesempatan ini kami memohon dukungan dan kerja sama dari Bapak Bupati Manggarai Barat dalam hal ini Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM  untuk mengatasi persoalan tersebut.

dalam sambutan Dinas Kepala Dinas Perindagkop oleh Bapak Frans Syukur, SH dan sekaligus membuka kegiatan RAT, mengatakan, Kalau saya mendengar evaluasi dari baik pengurus maupun dari Puskopdit Manggarai Raya bahwa kinerja dari koperasi ini sangat baik sampai mendapatkan nilai kesehatan koperasi, Satu hal yang menarik saya belum perna masuk ke kopdit suka tetapi seperti apa sepak terjang kinerja KSP.kopdit Suka Damai kami dapat evaluasi dari Kementerian koperasi, LPDB Kopdit ini sangat baik, makanya kemarin Pak Eko sampaikan kepada saya ada bantuan dari Kementrian bunganya 1 bulan 0,20 tetapi itu dikasi kepada orang per orang, saya sampaikan ke pa Eko kalau bisa bantuan ini masuknya ke lembaga Koperasi apa maksudnya ketika nanti peminjm megalami macet maka koperasi lah yang menanganinya ternyata regulasinya tidak bisa oleh karena itu pada tempat ini maka ada terobosan inovasi yang diterapkan disamping ini meredam rentenir tapi jga menjawab kebutuhan anggota…saya sampikan ke pengurus dan GM agar mainset anggota koperasi yang anggotnya orang per orang dirubah apa maksudnya coba cari anggota yang ada usaha seperti di pasar batu cermin. Pasar Batu Cermin  itu banyak rentenir yang masuk disana. Oleh karena itu utk menekan rentenir sya minta kepada KSP.Kopdit Suka Damai agar merekrut anggota yang ada usaha yang ke dua kalau sudah ada anggota yang punya usaha maka bukti dari data data inilah yang kita kirimkan ke kementerian Koperasi sehingga dana untuk kredit usaha dapat digunakan bagi anggota yang punya usaha.

KSP.Kopdit Suka Damai sudah berumur 21 tahun, tentunya dengan usia sperti lembaga ini semakin dewasa dalam mengelolah keuangan, tapi jga semakain banyak persaingan mengingat kopdit lain banyak bermunculan, tentunya ini menjadi tantangan bagai kopdit Suka Damai kedepanya, Indikasi yang kami lihat standard prosedur yang dimiliki sangat bagus dimana dengan situasi pandemic covid-19 kita bangga masi ada Koperasi yang menyelanggarak RAT salah satunyaKSP. Kopdit Suka Damai .

Begitu banyak koperasi yang berada di Manggarai Barat salah satu yang asli Manggarai Barat adalah KSP.Kopdit Suka Damai oleh karena itu kita punya peluang untuk mempromosikan kopdit ini, kami berharap kedepanya Kopdit Suka Damai bisa mendata semua anggota atau kelompok yang punya usaha sehingga nanti bis atau berpa banyak orang yang pinjam utk usaha dan utk kebutuhan lain  .

Sebagai bagian dari inovasi pengembangan KSP Kopdit Suka Damai dan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada anggota, maka pada RAT kali ini juga dilaunchingnya website resmi KSP. Kopdit Suka Damai  oleh Kepala Dinas PerindagKop Kabupaten Manggarai Barat.

Labuan Bajo, 27 Februari 2021

Berikut Dokumentasi Kegiatan Lounching Website

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar